Seputar Sayuran Arugula, Manfaat Dan Efek Samping Yang Perlu Anda Ketahui

Seputar Sayuran Arugula, Manfaat Dan Efek Samping Yang Perlu Anda Ketahui
Tanaman atau sayuran Arugula mungkin sedikit asing ditelinga kita. Tidak seumum, seperti halnya sayuran sawi, kangkung, kulbis, bayam, dan sayuran lainnya yang bisa kita temukan dipasaran. Namun sayuran arugula juga masih berkeluarga dengan kubis atau termasuk dari keluarga Brassicacae. Arugula masih kerabat dengan kembang kol, Bayam dan lobak. Tanaman arugula sekilas mirip seperti halnya kangkung dan tampak seperti Selada.

Asal keberadaan Arugula berasal dari wilayah Mediterania,Maroko Portugal di Barat, hingga Suriah, Lebanon, dan Turki di Timur. Dikutip dari wikipedia sayuran Arugula memiliki nama ilmiah Eruca Sativa. Dari berbagai sumber menyebutkan setiap negara Arugula memiliki sebutan lain. Seperti dalam bahasa Inggris disebut Roket, Rocket salad Arugula,  Rusia Indau, dalam bahsa prancis Roquette, Turki Roka, sedang dalam negara Italia Rucola atau Ruchetta,  Dan dalam Negara Arab  atau  penyebutan Arugula dalam bahasa Arab Jarjer atau jarjir.

Layaknya tanaman atau sayuran lain Arugula juga memiliki berbagai banyak khasiat untuk menjaga metabolisme tubuh. Kandungan nutrisi yang terdapat di tanaman Arugula dalam 100g daun Arugula mengandung Askorbinka, 1,8 mg vitamin A , 48 mg vitamin B9. Selain itu Arugula kaya akan unsur  kalium (220 mg), Kalsium (77mg) Magnesium (40 mg) , Yodium (hingga 8mg), Zat besi (hingga 0,6 mg).

Tanaman Arugula, Adalah Sumber klorofil Alkoksida dan Detoksifikasi yang sangat baik bagi kesehatan. Seperti halnya Brokoli yang mana sayuran ini bisa sebagai obat kanker. Arugula juga memiliki manfat yang sama. Bisa mencegah dan mengatasi pertumbuhan sel kanker, utamanya adalah kanker Paru dan kanker usus besar. Dilansir dari healwithfood.org. Menurut sebuah studi yang didanai Badan Penelitian  dan Pengembangan Industri Pedesaan Australia (RIRDC Tanaman atau daun Arugula hijau diperkirakan memiliki lebih banyak pontensi anti kanker dari pada sayuran yang biasa dikonsumsi masyarakat pada umumnya.

Menurut studi yang mengamati tanaman Arugula bisa memperlambat pelepasan glukosa dari karbohidrat kedalam aliran darah selama proses pencernaan. Dikutip dari diabetesmealplant.com Arugula dapat membantu dalam manajemen diabetes. Disebut sebut sebagai salah satu sayuran hijau yang memiliki komponen nomor satu untuk diabetes yang sehat. Arugula mengandung antioksidan tingkat tinggi yang bermanfaat untuk penderita diabetes.

Manfaat herbal lain diantaranya bisa  meningkatkan metabolisme tubuh, Mencegah osteoporosis, Menjaga penglihatan Mata, Membantu proses diet, membantu penyerapan mineral, Menjaga kesehatan jantung, mengobati penyakit ulkus, melindungi ginjal, Mengobati Anemia, meningkatkan gairah sek pria, dan melancarkan pertumbuhan janin.

Orang orang barat mereka seringkali menggunankan Daun Arugula sebagai campuran salad, Burger, Taburan sup atau  diaduk dengan pasta bisa juga menjadi toping Pizza. Daun Arugula yang memiliki Rasa sedikit pahit sangat cocok dipadukan dengan saus agak asam dan keju.

Seiring perkembangan zaman dan waktu dan trend gaya hidup sehat yang berkembang akhir akhir ini. Membuat tanaman Arugula seringkali dicari. Beberapa wilayah di Indonesia sudah ada yang membudidayakan sayuran Ini secara  Organik. Dipasar tradisional memang agak sulit untuk menemukan sayuran Arugula namun  Anda masih bisa menemukan sayuran ini . Misal di Minimarket atau Supermarket dan toko toko online.

Arugula memang salah satu sayuran yang dipercaya banyak memiliki khasiat untuk kehidupan  manusia. Akan tetapi mengonsumsi daun Arugula bila kelebihan justru memiliki efek yang berbeda. Arugula yang mengandung asam oksalat, Mengonsumsi secara berlebihan bisa mengakibatkan batu ginjal. Arugala yang memiliki rasa khas yang sedikit pahit dan agak pedas. Hal ini bisa menimbulkan iritasi ringan ditenggorokan.

Dan dikarenakan adanya Sulforaphane didalam kandungan Arugula. Mengonsumsi tanpa dimasak bisa mengakibatkan rasa tidak nyaman atau kram pada perut dan diare. Tidak dianjurkan bagi  orang dengan kelainan darah, Sebab arugula mengandung K yang bisa menyebabkan pengumpalan darah. Demikianlah mengenai seputar tanaman atau sayuran/ Daun Arugula beserta manfat, khasiat dan efek samping yang perlu anda ketahui bersama. Semoga menambah wawasan anda mengenai Tanaman Arugula.




Kuliner Livestyle Pertanian

Belum ada Komentar untuk "Seputar Sayuran Arugula, Manfaat Dan Efek Samping Yang Perlu Anda Ketahui"

Posting Komentar

Kebijakan Komentar di Blog CakJun
  • Komentar harus sesuai dengan judul artikel.
  • Tidak diperbolehkan untuk mempromosikan barang atau berjualan.
  • Dilarang mencantumkan link aktif di komentar.
  • Komentar dengan link aktif akan dihapus
  • *Berkomentarlah dengan baik, karena Kepribadian Anda tercemin saat berkomentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel