3 Cara Meneliti kesalahan Ejaan Tulisan Blog

3 Cara Meneliti kesalahan Ejaan Tulisan Blog

Di pertemuan setelah bergantinya alamat domain sendiri resmi memiliki domain cakjun dot id. Entah mengapa saya ingin membahas 3 cara  meneliti kesalahan ejaan tulisan blog

Baiklah langsung saja ke tiga cara itu :

  • Mintalah Teman Kawan Membaca 

Mintalah teman kawan untuk membaca. Karena dengan meminta bantuan seorang teman untuk membaca hasil tulisan kita sebelum kita publikasikan, dengan bertujuan untuk mencari mana saja ejaan yang kurang tepat.

Sedikit banyak teman kawan pasti akan menemukan dimana saja ejaan yang kurang benar. ketimbang kita membaca sendiri. Karena faktanya "orang lain lebih tahu kesalahan kita dari pada dirinya sendiri" hehe, Maka mintalah teman kawan untuk membaca tulisan kawan. 


  • Print Out Tulisan Kawan

Poin pertama untuk mencari letak kesalahan mana saja ejaan yang kurang benar dengan bantuan teman. Namun kalau meminta terus kan tidak enak juga. Apalagi kita tidak memiliki hobi yang sama tentu akan lebih sulit lagi untuk kita jadikan seorang yang meneliti kesalahan ejaan kita. 

Caranya di poin ke dua adalah print tulisan kawan, lalu baca sendiri sebab membaca dilayar komputer atau di laptop terkadang kita kurang jeli untuk melihat ejaan ejaan mana yang kurang tepat, Apalagi bagi mata yang tengah mengalami gangguan penglihatan. Maka print tulisan kawan adalah salah satu cara untuk meneliti kesalahan ejaan tulisan blog.


  • Baca Dengan Smartphone Kawan

Cara terakhir untuk meneliti kesalahan ejaan tulisan blog adalah dengan memaksimalkan penggunaan smartphone yang kita miliki, bacalah tulisan kawan melalui smartphone. 

Karena menurut saya jauh lebih enak dan fokus ketimbang membaca dilayar komputer maupun Laptop.




Demikianlah kawan 3 cara meneliti kesalahan ejaan tulisan blog yang biasanya saya lakukan dan pernah saya gunakan untuk meminimalisir kesalahan ejaan. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi yang membutuhkan hehe.
Belajar Blogging

10 Komentar untuk "3 Cara Meneliti kesalahan Ejaan Tulisan Blog"

  1. Terkadang saya juga beberapa kali mendapati tulisan yang salah ketik, hingga ejaan kata terlihat aneh..!

    Tapi, karena saya bukan blogger resmi seperti para jurnalis2 yang sering bergentayangan di tv maupun koran, saya bisa sedikit bernafas lega. Karena tujuan blogging bagi saya pribadi hanya ingin sedikit berbagi bagi para makhluk astral yang sering bergentayangan didunia maya. 😪

    Saya perhatikan didunia maya ini banyak yang galau, sedih, susah, ingin mencari solusi dan permasalahan hidup lainnya. Oleh karena itu saya memberanikan diri turun dari kayangan untuk mengobati kegelisahan para makhluk astral yang bergentayangan didunia maya..! 😂

    Sudah segitu dulu ya cak, aku kate munggah sek nang kayangan..! 😂

    BalasHapus
  2. Monggo monggo kang.. Cepetan ke khayangan.. Banyak orang yang menbutuhkan pengobatan darimu hehehe.

    BalasHapus
  3. hal ini yang sangat perlu diperhatikan oleh blogger. terkadang salah ketik bisa menimbulkan salah tafsir, pengunjung jadi kebingungan atau bahkan tidak bisa dipahami sama sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar kang indra, Inilah salah satu maksut dan tujuan tulisan saya diatas untuk lebih memperhatikan ejaan lagi biar pengunjung tidak salah tafsir hehehe.

      Hapus
  4. Nah, ini dia yang sering saya alami meski balik balik di baca salah ejaan masih tetap ada, namun dengan solusi membaca ulang sebagai pembaca bukan penulis maka ejaan yang salah bisa dibenahi.

    Tapi saya juga akan mencoba poin poin diatas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yap ini dia, Salah satu solusi jitu mengatassi ejaan salah adalah kita harus jadi pembaca tulisan kita berulang ulang, Saya mau loo mbak nel semisal kalau di suruh jadi pembaca pertama, lalu menginformasikan ejaan mana yang salah hehehe. okay lah,, Semoga bisa membantu hehehe.

      Hapus
    2. Baik, nanti tak kirim tulisanku untuk kamu baca tapi gratis lho ya, jangan abis baca minta traktir.. Hahaha

      Hapus
    3. Siapppp... Horeee saya mau ditraktirrrr... Hahaha

      Hapus
  5. Info bagus cak" ini hal yang sering di alami pembloger, dikira dah diteliti,,tetep aja masih ada ejaan yang salah..makasih tipsnya..

    BalasHapus
  6. Saya belum melakukan hal yang semestinya di lakukan seperti yang mas paparkan di sini, selama ini hanya mengeceknya secara manual saja, kalau ada ejaan yang dirasa kurang pas baru di perbaiki sedikit demi sedikit.

    BalasHapus
Kebijakan Berkomentar di Blog CakJun
  • Komentar harus sesuai dengan judul artikel.
  • Tidak diperbolehkan untuk mempromosikan barang atau berjualan.
  • Dilarang mencantumkan link aktif di komentar.
  • Komentar dengan link aktif akan otomatis dihapus
  • *Berkomentarlah dengan baik, Kepribadian Anda tercemin saat berkomentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel