Bela Negara Di Kebun Organik Baran Agro Malang

Bela Negara Di Kebun Organik Baran Agro Malang

"Baran Agro Bela negara. Demikian tulisan yang terpampang didepan pintu masuk menuju greenhouse yang saya datangi tempo hari". 


Kali Ini blog'e Cakjun dkk menyusuri salah satu kebun sayuran yang ada didesa lesanpuro Kota Malang. Kawasan Kebun Ini disebut sebut pernah menjadi 10 besar lomba kampung tematik kota Malang. Selain itu kebun sayuran Ini dibudidayakan secara organik yang bebas dari bahan pestisida kimia. Oleh sebab itulah saya tertarik untuk menyusurinya.

Ketika memasuki kawasan Baran Agro. Dijalan tersebut banyak view  yang keren. Kamu akan disambut dengan berbagai tanaman sayur sayuran. Maupun bunga bunga. Kebun Agro ini dikonsep urban farming yakni memanfaatkan lahan kecil atau  kosong untuk bercocok tanam. Cocoklah, bagi kamu yang ingin mencari inspirasi disini. Sedangkan disalah satu tempat ada layaknya sebuah bingkai yang sangat instagramble. Kerenlah dibuat Selfi. :)


Tempat sepi tak ada pengunjung lain atau pun orang beraktivitas dikawasan Kebun Baran Agro ini. Sehingga kami melanjutkan perjalanan sekitar 300 meter kurang lebih.

Masih di Baran Agro, Disini kami menemukan ada tiga buah greenhouse dengan desain yang bagus dengan rangka besi yang melengkung setengah lingkaran, atap menggunakan paranet. Sedangkan dipintu masuknya atau dinding depan belakang menggunakan plastik UV.


Disinipun juga sama aktivitas digrenhouse ini juga sangat sepi. Tetapi kami melihat ada tumpukan tanah dan pupuk kandang yang terlihat belum lama ada disini. Mungkin beberapa hari yang lalu atau kemarin barangkali.

Begitu juga perumahan yang ada disekitaran greenhouse ini juga tidak terlalu banyak. Dua diantara Greenhouse ini, banyak di tumbuhi rumput rumput liar. Dan salah satunya ditanami terung.


Begitu juga terung ini, yang mengalami nasib yang kurang perhatian dan kasih sayang. Ditandai dengan gulma gulma disekitar terung. Begitu juga pertumbuhan tanaman Ini kurang maksimal pertumbuhannya dan tidak begitu produktif ketika kami amati waktu itu. Sepertinya kurang air atau kurang pemupukan.

Waktu yang harus memaksa untuk kembali. Info yang saya dapatkan juga masih minim tentang Kebun Agro Baran ini. Namun berdasarkan penuturan teman saya yang pernah datang kesini beberapa waktu yang lalu dan bertemu langsung dengan penanggung jawab Baran Agro ini. Setidaknya untuk waktu yang singkat Ini cukuplah..

kebun Baran Agro ini didirikan mulai 2017 dan sudah berjalan sekitar dua tahun, kata kawan blog'e Cakjun. Kebun Baran Agro digarap bersama-sama dengan warga yang tergabung dalam kelompok tani terangnya.

Sedangkan untuk pemasaran hasil kebun pernah sampai di swalayan sayur, Dapurku Sawojajar. Karena terkendala produksi dan sistem konsinyasi yang beresiko return, maka dihentikan. Berlanjut dengan pemasaran gethok tular atau mulut ke mulut. Dipasarkan ke teman-teman pungkasnya.

Mungkin ada kendala atau bisa jadi ada sedikit trouble disini. Sehingga perawatan kawasan ini terlihat kurang enak dipandang, seperti layaknya dibeground Yang bunga bunga nya banyak  ditumbuhi  rumput liar. Dan greenhouse banyak atap atap maupun dinding yang sobek demikian dengan isi dalam greenhouse.

Mengingat kebun Baran Agro ini katanya pernah menjadi 10 besar lomba Kampung tematik kota Malang,Baran Agro ini sangatlah pas dijadikan tempat objek wisata edukasi kebun organik. Yah, Apapun kendalanya... Semoga Kebun Baran Agro ini.. segera dikelola dengan baik. Untuk bela negara tentang ketahanan pangan yang sehat dah..itu saja.


Pertanian Reportase Wisata

2 Komentar untuk "Bela Negara Di Kebun Organik Baran Agro Malang"

Kebijakan Berkomentar di Blog CakJun
  • Komentar harus sesuai dengan judul artikel.
  • Tidak diperbolehkan untuk mempromosikan barang atau berjualan.
  • Dilarang mencantumkan link aktif di komentar.
  • Komentar dengan link aktif akan otomatis dihapus
  • *Berkomentarlah dengan baik, Kepribadian Anda tercemin saat berkomentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel